Konsep OOP (Oriented Object Programming)

♠ Posted by Unknown in at 06.35

OOP (Oriented Object Programming)

       Kita bisa bayangkan alam semesta kita terbuat dari objek yang berbeda seperti matahari, bumi, bulan dll Demikian pula kita bisa membayangkan mobil kami terbuat dari objek yang berbeda seperti roda, kemudi, gear dll cara yang sama ada berorientasi objek konsep pemrograman yang menganggap segala sesuatu sebagai objek dan mengimplementasikan perangkat lunak menggunakan objek yang berbeda.

Object Oriented ConceptsSebelum kita masuk detail, mari kita menentukan hal penting yang terkait dengan Object Oriented Programming.


Class 
ini adalah tipe data programmer-didefinisikan, yang meliputi fungsi lokal serta data lokal. Anda dapat menganggap kelas sebagai template untuk membuat banyak contoh dari jenis yang sama (atau kelas) dari objek.
Object 
ini adalah tipe data programmer-didefinisikan, yang meliputi fungsi lokal serta data lokal. Anda dapat menganggap kelas sebagai template untuk membuat banyak contoh dari jenis yang sama (atau kelas) dari objek.
Member Variable  
ini adalah variabel yang didefinisikan di dalam kelas. Data ini akan terlihat ke luar kelas dan dapat diakses melalui fungsi anggota. Variabel ini disebut atribut objek setelah sebuah objek dibuat.
Member function
Ini adalah fungsi yang didefinisikan di dalam kelas dan digunakan untuk mengakses data objek.
Inheritance
Ketika kelas didefinisikan dengan mewarisi fungsi yang ada dari kelas induk maka disebut warisan. Berikut kelas anak akan mewarisi semua atau beberapa fungsi anggota dan variabel dari kelas induk.
Parent class
 Sebuah kelas yang diwarisi dari oleh kelas lain. Ini juga disebut kelas dasar atau kelas super.
Child Class
 Sebuah kelas yang mewarisi dari kelas lain. Ini juga disebut subclass atau kelas turunan
Polymorphism
 ini adalah konsep yang berorientasi objek di mana fungsi yang sama dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda. Misalnya nama fungsi akan tetap sama tapi itu membuat mengambil nomor yang berbeda dari argumen dan dapat melakukan tugas yang berbeda.
Overloading 
jenis polimorfisme di mana beberapa atau semua operator memiliki implementasi yang berbeda tergantung pada jenis argumen mereka. Demikian pula fungsi juga dapat kelebihan beban dengan implementasi yang berbeda.
Data Abstraction  
Setiap representasi data di mana rincian pelaksanaan tersembunyi (disarikan).
 Encapsulation 
mengacu pada konsep di mana kita merangkum semua data dan anggota fungsi bersama-sama untuk membentuk sebuah objek.
Constructor
mengacu pada jenis khusus dari fungsi yang akan dipanggil secara otomatis setiap kali ada formasi objek dari kelas.
 Destructor 
mengacu pada jenis khusus dari fungsi yang akan dipanggil secara otomatis setiap kali sebuah objek dihapus atau keluar dari ruang lingkup.

0 komentar:

Posting Komentar