Menggunakan Fungsi Autoload

♠ Posted by Unknown at 04.54

Menggunakan Fungsi Autoload


Pada PHP 5 tersedia fungsi autoload untuk meng-include secara otomatis file-file class yang ada sehingga kita tidak perlu menulis kode include berulang kali pada setiap file php.

Adapun fungsi autoload yang kita gunakan adalah spl_autoload _register. Berikut ini skrip untuk inisialisasi object dari seluruh class yang kita pakai.



Penjelasan skrip :


Dengan statement require 'core/init.php'; maka secara otomatis object $general dan object $users dapat langsung dipakai untuk menjalankan method-nya masing-masing, misalnya :

$general→logged_in_protect(); menjalankan method logged_in_protect di class General

$login = $users→login($username, $password); menjalankan method login di class Users.

Pada method login kita berikan dua argumen, yaitu $username dan $password untuk di proses.

$query = $this->db->prepare

(“SELECT 'password', 'id' FROM 'users' WHERE 'username' = ?”);

Pada query diatas, kita menggunakan statement PDO::prepare (parameterized query = query berparameter). Statement tersebut berguna untuk memastikan query select ini tidak berjalan pada saat terjadi insert atau update data dalam return prepared, jika error maka query akan return false.

Satu hal yang diperhatikan pada parameterized query adalah urutan dari variable parameternya. Misalnya pada parameter username, variabel ditulis dengan tanda tanya (?) yang nantinya akan dikaitkan (bindValue) dengan variabel username untuk kemudian di execute.

0 komentar:

Posting Komentar