Memahami Hardware, Software dan Brainware

♠ Posted by Unknown at 20.23

Hardware, Software, dan Brainware





1. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah perangkat keras yang merupakan sebuah komponen dalam komputer yang bisa disentuh dan dilihat oleh kasat mata. Hardware terdiri dari perangkat input dan output, perangkat pemrosesan dan perangkat penyimpanan.
  • Perangkat input : merupakan perangkat masukan merupakan perangkat untuk menginput data oleh user. Contohnya :Mouse, keyboard, scanner
  • Perangkat output : merupakan perangkat keras untuk menghasilkan proses output dari user. Contohnya : Printer, monitor dan speaker.
  • Perangkat pemrosesan : merupakan perangkat keras yang digunakan untuk sebuah proses menginput oleh user. Contohnya : CPU / Central Processing Unit.  
  • Perangkat Penyimpanan : merupakan sebuah perangkat keras untuk menyimpan data. Contohnya : harddisk, memori, RAM.

2. Software (Perangkat Lunak)
Software ialah perangkat lunak yang merupakan komponen data-data dan program-program yang ada pada komputer yang disimpan secara digital dan digunakan atau dijalankan sesuai dengan yang diinginkan. Software merupakan sebuah komponen komputer yang tidak bisa dilihat namun ada di dalam sebuah komputer.
Contohnya :
  • Sistem Operasi (OS) : yaitu software yang digunakan sebagai penghubung antara hardware dengan user. Contohnya : windows, linux, unix, BSD
  • Software Aplikasi : yaitu software yang diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan user, seperti contoh microsoft office, libre office, custom-made software, desktop publishing, design grafis, software pengolah database, perangkat lunak yang umum seperti text, picture, numbers, video dll.
3. Brainware (Pengguna)
Brainware adalah pengguna yakni manusia yang merupakan user untuk mengoprasikan sebuah komputer. Contohnya programer, operator dan orang-orang yang memakai atau menggunakan komputer.


Ketiga elemen tersebut sangat penting keberadaannya. Karena tanpa hardware, brainware tidak bisa digunakan dan berfungsi dengan baik. Begitu pula jika jika tidak ada brainware maka software tidak akan tercipta dan akibatnya tidak ada pengembangan teknologi.Semoga Bermanfaat :)
 

0 komentar:

Posting Komentar