Sharing TCP/IP oleh Mbh Suro Dhemit

♠ Posted by Unknown at 05.19

OSI Layer dan Protokol


Open Systems Interconnection (OSI) adalah sebuah model referensi arsitektur antarmuka jaringan yang dikembangkan oleh ISO yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan di hampir semua perangkat jaringan.


OSI Layer dan Protokol


  • Physical menjelaskan fisik dari hardware. Jika terjadi gangguan jaringan atau jaringan mati hal yang pertama kali diperiksa yaitu pada fisiknya atau OSI layer physical. Seperti kabelnya sudah menancap atau belum, masih bagus atau tidak crimpingannya.
  • Link berisi MAC Address. MAC singkatan dari Media Access Control. MAC address ini Digunakan sebagai identitas yang unik dari setiap interface hardware, yang merupakan identitas untuk berkomunikasi di OSI layer 2. Sebagian bit merupakan identitas pabrik pembuat hardware. Terdiri dari 10 bilangan desimal (0,1,2,3,4,5,6,7,8,9) dan 6 hexa (A,B,C,D,E,F). Jika sebuah router memiliki 3 interface fisik, maka akan memiliki 3 buah mac address. Untuk virtual interface (VLAN, EoIP) maka ditambahkan mac address virtual.
  • Network. Syarat minimal bisa terhubung ke internet terletak pada layer ke 3 yaitu IP. IP Address adalah sistem pengalamatan setiap host yang terhubung ke jaringan. Saat ini IP Address yang banyak digunakan adalah
    IP versi 4. (32 bits / 4 bytes) - 4,294,967,296 hosts.
  •  Transport. Pada transport ini ada 2 yaitu TCP(Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol). TCP(Transmission Control Protocol) merupakan protokol yang paling banyak digunakan
    di internet. Karena TCP lebih sopan dan jika kita sudah menutup browser maka TCP juga akan nonaktif sendiri. Contoh aplikasi: http, email, ftp, dll. Berbeda dengan UDP (User Datagram Protocol) yang jika sudah aktif maka akan sulit untuk menonaktifkannya. Komputer yang satu bisa mengirimkan pesan/ datagram ke komputer lainnya di jaringan, tanpa terlebih dahulu melakukan hand-shake (connectionless communication). UDP ini biasanya digunakan untuk servis yang mengirimkan data kecil ke banyak host. Tidak ada flow control ataupun mekanisme lain untuk menjaga keutuhan datagram. Aplikasi yang paling umum menggunakan UDP adalah DNS dan berbagai game online. 
Prinsip Kerja TCP
  • Connection Oriented : Koneksi diawali dengan proses handshake.
  • Reliable Transmission : Mampu melakukan pengurutan paket data, setiap byte data ditandai dengan nomor yang unik.
  • Error Detection : Jika terjadi error, bisa dilakukan pengiriman ulang data.
  • Session. Proses session ini terjadi pada saat loading sedang berlangsung. Karena pada saat ini sedang mencari alamat IP yang akan dituju. Jika sudah menemukan alamat IP yang akan dituju maka akan terjadi resolve domain.
  • Presentation. Pada proses ini ada enkripsi, diskripsi dan mime. Maksud dari enkripsi yaitu misalnya kita ingin membuka facebook, kita harus memasukkan password dan password tersebut berbentuk hitam bulat. Dan itu yang disebut dengan enkripsi. Pada enkripsi biasanya memakai md5. Kemudian mime yaitu seperti adobeflash.
  • Application. Ini adalah OSI layer terakhir yaitu pada layer 7. 
Jadi kesimpulannya. Ternyata jika kita ingin membuka aplikasi di internet atau masuk ke website dibalik loading yang terjadi pada beberapa detik tersebut terjadi proses melewati 7 lapis OSI Layer. 

0 komentar:

Posting Komentar